KONSULTASI PUBLIK REVIEW KLHS RTR KAWASAN STRATEGIS BANDARA TEMON OLEH DISPERTARU KULON PROGO

Temon (16/10) Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan dokumen Review Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang (RTR) Kawasan Strategis Bandara Temon. Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Desa Temon Wetan, Kecamatan Temon ini diisi dengan diskusi dan tanya jawab antara penyelenggara kegiatan dengan peserta konsultasi publik yang terdiri atas perangkat desa dan perwakilan kelompok masyarakat yang terdampak pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Konsultasi Publik dipimpin langsung oleh Arum Isdwijanarti, ST. selaku kepala seksi pengaturan tata ruang wilayah dan tata ruang rinci. Kegiatan ini dihadiri pula oleh perwakilan PT. Kala Prana Konsultan sebagai pihak ketiga yang dalam kesempatan ini bertugas untuk memaparkan hasil kajian yang telah dilakukan untuk penyusunan dokumen Review KLHS RTR Kawasan Strategis Bandara Temon.

Pada kesempatan ini penyelenggara kegiatan menyampaikan alasan perlunya melakukan review dokumen KLHS RTR Kawasan Strategis Bandara kepada peserta. Hal tersebut bertujuan agar peserta yang hadir dapat memberikan masukan dan saran sesuai dengan kondisi saat ini terkait dengan dampak pembangunan bandara. Pokok pembahasan dalam kegiatan ini meliputi isu lingkungan, ekonomi, dan sosial yang muncul akibat pembangunan bandara. Kedepannya penyusunan dokumen ini diharapkan dapat memberikan peran dalam pembangunan berkelanjutan di kawasan strategis Bandara Temon./Is