VERIFIKASI SERTIFIKAT TANAH DESA SE-KULON PROGO

Wates (1/11), Selama kurang lebih 2 minggu Tim Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo telah melaksanakan verifikasi sertifikat tanah desa di seluruh Kabupaten Kulon Progo. Dimulai pada tanggal 16 Oktober 2019 hingga berakhir pada tanggal 25 Oktober 2019, verifikasi dilaksanakan bersama Tim dari Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo ke masing-masing Kecamatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kegiatan yang diampu oleh Bidang Pertanahan tersebut secara spesifik merupakan verifikasi tanah desa yang sudah bersertifikat yang berasal dari Hak Anggaduh. Proses verifikasi dilakukan dalam beberapa tahap, dimulai dari memastikan data yang dikumpulkan, pencocokan data tanah desa dengan data spasial dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kab. Kulon Progo serta dengan data dari masing-masing desa, kemudian penandatanganan Berita Acara oleh tim verifikasi yang ditunjuk melalui SK Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang kemudian dilanjutkan dengan menggandakan dokumen dan arsip-arsip desa yang telah terverifikasi tersebut. Dokumen verifikasi sendiri terdiri atas Berita Acara dari setiap bidang tanah desa, Surat Pengantar dari Kepala Desa, lampiran keterangan bidang tanah, fotocopy sertipikat tanah desa, peta tanah desa, serta rekap yang meliputi seluruh bidang tanah desa.

Pelaksanaan dengan cara mengumpulkan Tim dari Pemerintah Desa, Tim Kantor Pertanahan Kab. Kulon Progo ke Kantor Kecamatan tersebut bertujuan efisiensi waktu pelaksanaan dan juga mempermudah bagi tim verifikasi untuk melakukan koordinasi dengan Tim dari Desa, Tim dari Kecamatan dan Tim dari Kantor Pertanahan Kab. Kulon Progo mengingat jumlah dokumen verifikasi bidang tanah yang tidak sedikit. Agar lebih efektif, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo sendiri menugaskan Tim Verifikasi yang terdiri dari Tim Administrasi dan Tim Teknis yang terjun secara bersamaan.

Diharapkan dengan kegiatan ini Kabupaten Kulon Progo mempunyai database Tanah Desa yang terverifikasi dan valid sehingga hasil akhirnya merupakan Surat Keputusan Bupati tentang Tanah Desa di Kabupaten Kulon Progo.