SOSIALISASI PEMANFAATAN RUANG KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2019 OLEH DISPERTARU KULON PROGO

Pengasih (12/11), Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo gelar Sosialisasi Pemanfaatan Ruang pada tahun anggaran 2019 terkait kebutuhan masyarakat akan informasi tata ruang di Kabupaten Kulon Progo. Bertempat di Pendopo Kantor Desa Pengasih, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kab. Kulon Progo beserta Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi DIY bertindak sebagai narasumber yang bertugas memaparkan materi sosialisasi kepada peserta sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi yang dipimpin oleh Ismaryatun, A,Md. selaku Kepala Seksi Pembinaan Tata Ruang bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran pemanfaatan ruang sehingga akan tercipta pemanfaatan ruang yang sesuai dengan peraturan yang ada. Sosialisasi menitikberatkan pada pemanfaatan ruang terkait kegiatan penambangan, sempadan, koridor jalan, dan lahan pertanian dengan wilayah sasaran sosialisasi meliputi Kecamatan Lendah, Sentolo, Nanggulan, dan Pengasih.

Peserta sosialisasi terdiri atas camat, kepala desa, dukuh, tokoh masyarakat, dan pelaku pengolah bahan tambang di wilayah Kecamatan Lendah, Kecamatan Sentolo, Kecamatan Nanggulan dan Kecamatan Pengasih. Selain itu beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga turut hadir dalam kegiatan ini untuk membantu melengkapi penjelasan yang disampaikan oleh narasumber.  

Materi sosialisasi yang diberikan kepada peserta terdiri atas dua materi pokok. Materi pertama berkaitan dengan pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian pemanfaatan ruang, sedangkan materi kedua berkaitan dengan kebijakan pemanfaatan ruang Daerah Istimewa Yogyakarta di Kulon Progo. Secara keseluruhan, kegiatan sosialisasi peserta berjalan dengan lancar sesuai dengan rangkaian acara yang telah disusun. Masukan dan saran dari peserta diskusi kedepannya akan dijadikan pertimbangan bagi penyelenggara kegiatan dalam menyusun peraturan terkait penataan ruang./Istriana