DISPERTARU KP GELAR SOSIALISASI RENCANA PENGADAAN TANAH UNTUK KAWASAN PERKOTAAN WATES BARU

Pengasih (18/02), Pada hari Selasa tanggal 18 Februari 2020, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana) Kabupaten Kulon Progo mengadakan Sosialisasi Rencana Pengadaan Tanah untuk Kawasan Perkotaan Wates Baru. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Balai Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih. Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana) Kabupaten Kulon Progo bertindak sebagai narasumber yang bertugas memaparkan materi sosialisasi kepada peserta sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi dipimpin oleh Agung Purnomo, S.Pd., M.Si. selaku Kepala Seksi Penatausahaan Pertanahan. Peserta sosialisasi terdiri atas panewu, lurah, kepala dusun, dan tokoh masyarakat. Selain itu beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga turut hadir dalam kegiatan ini untuk membantu melengkapi penjelasan yang disampaikan oleh narasumber.

Materi sosialisasi yang diberikan kepada peserta berkaitan dengan perencanaan pengadaan tanah untuk Kawasan Perkotaan Wates Baru di Kalurahan Margosari. Rencana pengadaan tanah ini merupakan rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dalam rangka melakukan penataan Kota Wates dengan harapan tidak hanya berkembang di pusat Kota Wates yang saat ini berlokasi di Kelurahan Wates, Kapanewon Wates.

Rencana pengembangan kawasan perkotaan Wates Baru ini bertujuan untuk mewujudkan kawasan perkotaan Wates dengan mengoptimalkan potensi lokal secara berkelanjutan. Kawasan perkotaan Wates Baru ini diharapkan tidak hanya merupakan kompleks perkantoran Pemerintah Daerah tetapi juga terdapat kegiatan perekonomian dengan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam dan kearifan lokal sebagai usaha memperkuat karakter khas kawasan. Dengan adanya rencana pengembangan kawasan perkotaan Wates Baru ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih.

Secara keseluruhan, kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar sesuai dengan rangkaian acara yang telah disusun. Masukan dan saran dari peserta kedepannya akan dijadikan pertimbangan bagi penyelenggara kegiatan dalam menyusun kebijakan pemerintah terhadap rencana pengadaan tanah untuk kawasan perkotaan Wates Baru. Diharapkan pemilik tanah dapat berperan aktif dalam pelaksanaan pengadaan tanah untuk kawasan perkotaan Wates Baru ini. /by Rina