Verifikasi Kawasan Cagar Alam Geologi (KCAG) dan Warisan Geologi di Kabupaten Kulon Progo

Wates (24/02), Dispertaru Kabupaten Kulon Progo hadiri survey lapangan berkaitan dengan verifikasi Kawasan Cagar Alam Geologi (KCAG) dan Warisan Geologi di Kabupaten Kulon Progo yang diselenggarakan oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB ini dihadiri pula oleh berbagai pihak diantaranya perwakilan dari Badan Geologi, Tim Ahli dari Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran Yogyakarta, Biro Pengembangan Infrastruktur Wilayah dan Pembiayaan Pembangunan Setda DIY, Bappeda Kabupaten Kulon Progo, Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo.

Survey lapangan dilakukan berdasarkan peta geologi dan peta rencana pola ruang Review RTRW Kabupaten Kulon Progo. Survey dilakukan pada tiga lokasi yaitu, Puncak Suroloyo dan Puncak Widosari di Kecamatan Samigaluh serta Singkapan Batu Bara Eosen yang terletak di Desa Kembang, Kecamatan Naggulan. Berdasarkan peta rencana pola ruang review RTRW Kabupaten Kulon Progo, ketiga lokasi ini termasuk ke dalam kawasan lindung cagar alam geologi.

Puncak Suroloyo dan Puncak Widosari termasuk ke dalam kawasan keunikan bentang alam sedangkan Singkapan Batu Bara Eosen di Desa Kembang termasuk sebagai kawasan keunikan batuan dan fosil. Kedua kawasan ini merupakan kawasan cagar alam geologi di Kabupaten KulonProgo yang perlu ditetapkan melalui usulan penetapan Geopark Merapi yang mencakup seluruh kawasan cagar alam geologi di DIY.

Kegiatan ini diisi dengan pemaparan oleh dosen dan tim ahli dari UPN Yogyakarta terkait proses geologi terbentuknya Puncak Suroloyo, Puncak Widosari, dan Singkapan Batu Bara Eosen. Pada kesempatan ini turut hadir perwakilan dari kecamatan, desa, serta pemilik lahan untuk berdiskusi dengan penyelenggara kegiatan terkait keberlanjutan ijin kawasan yang nantinya akan ditetapkan menjadi kawasan cagar alam geologi. Kedepannya diharapkan ketiga obyek tersebut dapat menjadi ditetapkan sebagai kawasan cagar alam geologi  dan masuk sebagai kawasan Geopark Merapi./Istriana