Koordinasi Awal Kegiatan Penyusunan Dokumen Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Perkotaan Ko

Pengasih (01/07), berkaitan dengan akan dilaksanakannya kegiatan penyusunan dokumen Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Perkotaan Kokap pada tahun anggaran 2020, Bidang Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo mengadakan rapat koordinasi awal sebagai langkah awal pelaksanaan kegiatan.

Penyusunan dokumen RTBL Perkotaan Kokap merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Perencanaan Kawasan dan Pembinaan Tata Ruang dengan melibatkan pihak ketiga sebagai penyedia jasa konsultansi perencanaan. Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Dispertaru Kulon Progo ini dihadiri oleh Arum Isdwijanarti, S.T., selaku Kepala Bidang Tata Ruang, Ismaryatun, A.Md. selaku Kasi Perencanaan Kawasan dan Pembinaan Tata Ruang, PT. Kala Prana Konsultan selaku konsultan perencana, perwakilan dari berbagai dinas di Kabupaten Kulon progo, serta tim teknis dari Kecamatan Kokap dan Desa Hargorejo.

Koordinasi awal yang dipimpin oleh Arum Isdwijanarti, ST. selaku bidang Tata Ruang ini memfokuskan pada latar belakang, batas deliniasi, serta tema utama dalam penyusunan dokumen RTBL Perkotaan Kokap. Selain itu, dijabarkan pula tentang jadwal kegiatan penyusunan dokumen RTBL Perkotaan Kokap yang rencananya akan dilaksanakan dalam kurun waktu tiga bulan. Pada kesempatan ini peserta yang hadir, turut memberikan saran dan masukan demi kelancaran pelaksanaan kegiatan, diantaranya skala prioritas, penguatan tema, pengkajian ulang peraturan-peraturan yang berkaitan dengan RTBL, potensi pengembangan di seluruh wilayah deliniasi, serta perlunya perencanaan berbasis kelestarian lingkungan.

Secara keseluruhan rapat koordinasi awal penyusunan RTBL Perkotaan Kokap berjalan dengan baik. Diharapkan seluruh rangkaian kegiatan penyusunan RTBL Perkotaan Kokap yang terdiri atas Laporan Pendahuluan, FGD I, Laporan Antara, FGD II, Laporan Akhir, dan Pembahasan Draf Raperbup dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.    

(oleh: Istriana)