Peninjauan Lokasi Pemanfaatan Tanah Desa untuk Pembangunan Pasar Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kok

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana) Kabupaten Kulon Progo bersama Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Daerah Istimewa Yogyakarta  melakukan peninjauan lokasi atas permohonan rekomendasi pemanfaatan tanah desa untuk pembangunan dan pengembangan pasar desa, Kalurahan Hargowilis pada hari Rabu (12/8/2020). Peninjauan ini dilakukan di Balai Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap dan dihadiri oleh Panewu Kokap, kepala Badan Permusyawaratan Kalurahan Hargowilis, serta beberapa pemangku wilayah tingkat kalurahan dan pedukuhan yang ada di Kalurahan Hargowilis.

Pembangunan pasar desa, Kalurahan Hargowilis rencana akan dibangun di Pedukuhan Tegiri II dan Tegiri I, Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo dengan luas area 10.153 m2 pada SHP No.90/Hargowilis. Lokasi calon pasar desa yang akan dibangun sangat strategis dan potensial karena akan dilalui jalan nasional yang merupakan progam pemerintah pusat, yaitu jalur bedah menoreh yang menghubungkan antara bandara New Yogyakarta International Airport dengan wilayah Kabupaten Magelang khususnya Borobudur yang diprogamkan akan mulai dibangun pada tahun 2021.  Selain itu, lokasi calon pasar Kalurahan Hargowilis juga sangat strategis dikembangkan sebagai destinasi wisata karena keindahan alamnya. Hal ini yang menjadi motivasi bagi kalurahan Hargowilis untuk segera mewujudkn sebuah pasar desa.

Pembangunan pasar desa oleh Pemerintah Kalurahan Hargowilis diharapkan bisa menjadi penopang pendapatan asli desa untuk modal mengembangkan dan memajukan kalurahan Hargowilis. Sebagai dasar pertimbangan karena tanah kas desa tersebut lokasinya cukup luas, ada potensi wisata yang bisa dikembangkan dan persis dipinggir jalan jalur bedah menorah sehingga sangat memungkinkan kedepannya menjadi pusat perekonomian yang bisa diandalkan.

 

(oleh: Riza)