Rapat Laporan Akhir Penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan Perkotaan Kokap

 

Pengasih (07/09), Seksi Perencanaan Kawasan dan Pembinaan Tata Ruang Bidang Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo melaksanakan rapat laporan akhir penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Perkotaan Kokap di ruang rapat Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo.

Rapat dipimpin oleh Ismaryatun, A.Md. selaku kepala Seksi Perencanaan Kawasan dan Pembinaan Tata Ruang, dihadiri oleh konsultan penyedia jasa penyusunan dokumen perencanaan PT. Kala Prana Konsultan, tim pelaksana dari berbagai OPD Kabupaten Kulon Progo, dan tim teknis dari Kapanewon Kokap serta Kalurahan Hargorejo.

Kegiatan diisi dengan paparan oleh konsultan perencana berdasarkan masukan dan saran peserta yang diperoleh dari pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) II pada 28/08 lalu. Fokus pembahasan laporan akhir diantaranya terkait rencana pengembangan IPAL Komunal, rencana pengembangan landmark, serta rencana relokasi pasar. Selain itu, juga terdapat beberapa masukan dari tim pelaksana dan tim teknis yang hadir diantaranya pengembangan potensi lokal, jaringan drainase, pengelolaan sampah, rencana investasi, serta perlunya kajian tentang status tanah berkaitan dengan rencana pembangunan di kawasan perencanaan.

Secara keseluruhan rapat laporan akhir penyusunan RTBL Perkotaan Kokap berjalan dengan lancar. Hasil diskusi dan masukan tim pelaksana dan tim teknis pada rapat laporan akhir ini akan dikaji lebih lanjut terutama berkaitan dengan penyusunan draf Rancangan Peraturan Bupati RTBL Perkotaan Kokap.    

 

(oleh: Istriana)