FGD DED Pengembangan Wisata Samigaluh-Girimulyo

Pengasih (07/09), dalam rangka pelaksanaan pekerjaan Detail Engineering Design (DED) Pengembangan Wisata Kawasan Samigaluh – Girimulyo Kulon Progo, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kabupaten Kulon Progo menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Laporan Pendahuluan DED Pengembangan Wisata Samigaluh – Girimulyo Kulon Progo yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY. Kegiatan berlangsung menggunakan aplikasi Zoom Meeting pada pukul 12.30 WIB dan dihadiri oleh Ismaryatun, A.Md selaku perwakilan dari Bidang Tata Ruang Dinas PTR Kabupaten Kulon Progo.

Pelaksanaan pekerjaan ini bertujuan untuk melakukan telaah dan pemetaan potensi kawasan wisata di wilayah Samigaluh-Girimulyo serta menyusun konsep dan arahan pengembangan  pariwisata yang ada di dua kapanewon tersebut dalam bentuk DED sebagai destinasi pariwisata. Gambaran umum wilayah perencanaan wisata berada pada dua kapanewon, yaitu Kapanewon Samigaluh dan Kapanewon Girimulyo. Kapanewon Samigaluh meliputi :

  1. Kalurahan Kebonharjo (Wisata Candi Pringtali – Wisata Spiritual Dungsono)
  2. Kalurahan Banjarsari (Wisata Tanggulasi)
  3. Kalurahan Pagerharjo
  4. Kalurahan Ngargosari (Wisata Lapangan Ngargosari)
  5. Kalurahan Gerbosari (Wisata Krisan, Wisata Gunung Jongkang, Wisata Kedung Sowo)
  6. Kalurahan Sidoharjo (Wisata Embung Canggal – Wisata Curug)
  7. Kalurahan Purwoharjo (Wisata Tinalah)

Sedangkan pada wilayah Kapanewon Girimulyo meliputi :

  1. Kalurahan Jatimulyo
  2. Kalurahan Giripurwo (Wisata Embung Kleco)
  3. Kalurahan Pendoworejo (Wisata Taman Pendoworejo – Wisata Bendung Khayangan)
  4. Kalurahan Purwosari (Wisata Curug Glimpang, Wisata Gunung Batok,Wisata Ayunan Langit)

Kedepannya pelaksanaan pekerjaan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi dan kualitas pada sektor pariwisata guna peningkatan perekonomian rakyat dan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Kulon Progo.

 

(oleh: Ulfah Khairunnisa)