Rakor Penyusunan Rencana Aksi Satu Data Indonesia

Pengasih (7/9), Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Kepala Seksi Data dan Informasi, Sartana, S.S.T., mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Rencana Aksi Satu Data Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) DIY. Rakor diselenggarakan secara luring dan daring, dan diikuti oleh 48 peserta dari berbagai perwakilan OPD di DIY.

Rakor dibuka dengan sambutan Kepala BAPPEDA DIY, Drs. Beny Suharsono, M.Si. Dalam Sambutannya Beny menyampaikan bahwa Rakor merupakan persiapan dalam Rencana Aksi Satu Data Indonesia di DIY sebagai tindak lanjut atas Peraturan Gubernur DIY Nomor 3 Tahun 2020 tentang Satu Data Pembangunan Daerah DIY.

Rakor menghadirkan 3 (tiga) pemateri, yakni:

  1. Oktorialdi, M.A., Ph.D. selaku staf ahli Pemerataan dan Kewilayahan, Koordinator Sekretariat Satu Data Indonesia tingkat pusat, Kementerian PPN/Bappenas dengan judul presentasi “Penyusunan Rencana Aksi Satu Data Indonesia di Yogyakarta”.
  2. Ahlam, M.Si. selaku Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat, dengan judul presentasi “Perencanaan Penyelenggaraan Satu Data Indonesia”.
  3. Sugeng Arianto, M.Si. selaku Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY dengan judul presentasi “Rencana Aksi Satu Data Indonesia di DIY”.

Rakor berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan agenda Rakor Penyusunan Daftar Data Satu Data Indonesia di DIY.

 

(oleh: Sartana, S.S.T)