Tinjau Lokasi Pemanfaatan Tanah Kalurahan Temon Kulon

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Nita Mandala Sarta Tata Sasana) Kabupaten Kulon Progo dan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Nita Mandala Sarta Tata Sasana) DIY beserta Perwakilan dari Kalurahan Temon Kulon melakukan kegiatan Tinjau Lokasi Pemanfaatan tanah Kas Kalurahan Temon Kulon pada hari senin 13 September 2021.

Peninjauan Lokasi dilaksanakan pada Tanah Kas Kalurahan Temon Kulon yang rencanakan akan dimanfaatkan sebagai ruko di kawasan sekitar bandara. Pemanfaatan tersebut telah diajukan Permohonan Izin Gubernur melalui Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Nita Mandala Sarta Tata Sasana) Kabupaten Kulon Progo, yang sebelumnya telah terbit pula Rekomendasi Bupati atas Pemanfaatannya. Dari hasil tinjau lokasi masih terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi agar Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Nita Mandala Sarta Tata Sasana) DIY dapat segera memproses permohonan Izin Gubernur tersebut.

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari isi Pergub 34 tahun 2017 yang menyatakan bahwa seluruh tanah kasultanan, tanah kadipaten, dan tanah kalurahan yang dimanfaatkan untuk selain pertanian harus memiliki izin Gubernur.

 

 

(oleh: Prayantika)