Penyelarasan Pembangunan Wilayah Perbatasan di DIY

Pengasih (23/09), dalam rangka menindaklanjuti Amanah Peraturan Daerah DIY Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pembangunan Wilayah Perbatasan di DIY, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kabupaten Kulon Progo mengikuti rapat Penyelarasan Pembangunan Wilayah Perbatasan di DIY yang dilaksanakan secara daring oleh Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah DIY. Kegiatan yang berlangsung melalui aplikasi Zoom Meeting ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Kultus Dwi Padmono, ST., selaku perwakilan Bidang Tata Ruang Dinas PTR Kabupaten Kulon Progo.

Dalam kegiatan ini, Biro Tata Pemerintahan Setda DIY selaku penyelenggara menyampaikan paparan terkait kondisi umum wilayah perbatasan, pembangunan di wilayah perbatasan pada bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, serta permasalahan dan inovasi pembangunan daerah di wilayah perbatasan, salah satunya di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Secara umum pelaksanaan program kegiatan pada tahun 2020 di Kabupaten Kulon Progo ikut terdampak oleh adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu perlu disusun program prioritas dalam rangka pemulihan kondisi akibat pandemi Covid-19. Program prioritas pembangunan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2022 yang terdiri atas pemulihan ekonomi masyarakat dan penguatan perlindungan sosial, pembangunan infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya, serta optimalisasi tata kelola pelayanan publik. Dengan disusunnya program prioritas pembangunan tersebut diharapkan pemulihan ekonomi dapat segera terwujud dan peningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraabn masyarakat dapat tercapai.

 

(oleh: Istriana Nur R.)