Pelatihan e-SPIP oleh BPKP Perwakilan DIY

Pengasih (06/10), dalam rangka Implementasi Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di Pemerintah Daerah, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kabupaten Kulon Progo menghadiri acara pelatihan penggunaan aplikasi e-SPIP. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung menggunakan aplikasi zoom meeting pada hari Rabu tanggal 06 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Satuan Tugas (Satgas) SPIP Dinas PTR Kabupaten Kulon Progo Tahun 2021 selaku perwakilan dari Dinas PTR Kabupaten Kulon Progo.

Peserta pelatihan e-SPIP terdiri dari Asesor Penilaian Mandiri Level Organisasi Perangkat Daerah (Tim OPD/Satgas SPIP OPD), Asesor Penilaian Mandiri Level Pemerintah Daerah (Tim SPIP tingkat Kabupaten), dan Penjamin Kualitas (APIP Inspektorat Daerah).

Acara tersebut diisi dengan materi tentang gambaran umum dan penilaian maturitas SPIP terintegrasi yang meliputi penilaian penetapan tujuan, struktur dan proses yang mencerminkan unsur SPIP, serta pencapaian tujuan SPIP. Selain itu, disampaikan juga materi terkait peran admin dalam penilaian maturitas SPIP. Setelah pemaparan materi selesai dilanjutkan dengan praktik simulasi penggunaan e-SPIP.

Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar. Dengan diselenggarakannya pelatihan tersebut, diharapkan dapat memberi pemahaman dan menyiapkan admin Pemerintah Daerah terkait penilaian maturitas SPIP.

 

 

(oleh: Rina Sukmawati)